Masalah Mesin Brebet, Gas Ngempos, Mesin Mati-mati pada Vios / Limo

Sobat Vios Limo dimanapun anda berada, kali ini saya akan share masalah yang sering terjadi pada Toyota Vios limo terutama yang berhubungan dengan sensor-sensor mesin yang mengalami kerusakan. Siapa tahu anda pernah mengalaminya dan belum menemukan solusinya. 

Baik langsung saja ke inti permasalahan

Gejala yang timbul sebagai berikut:
  • Lampu Check Engine menyala, tetapi terkadang ada juga di beberapa kasus lampu Check Engine nya tidak menyala.
  • Kondisi jika mesin sudah panas, RPM mesin Idle/stasioner tdk setabil kadang sampai mesin mati-mati (misalnya pada saat berhenti di lampu merah tiba-tiba mesin mati sendiri)
  • Pada saat di Gas atau akselerasi mobil tidak mau jalan (ngempos), mbrebet seperti kehabisan bensin. Bahkan ada juga pedal gas di injak sampai mentok pun mobil tidak mau jalan
  • Ketika mesin dingin (setelah di matikan untuk beberapa saat sekitar 15-30 menit) mesin kembali normal, tidak mbrebet dan akselerasipun normal kembali, namun pada saat mesin panas penyakitnya kambuh lagi.

Jika sobat Vios Limo mengalami masalah ini, jangan panik dulu, sobat bisa coba mengatasinya dengan cara berikut:

Untuk diketahui jika lampu Check Engine nyala itu berarti ada kerusakan di sistem kelistrikan injeksinya dan data kerusakan itu akan disimpan di memori ECU/ECM dalam bentuk kode tertentu. Untuk mengetahui kode kerusakannya sobat vios limo dapat menggunakan cara berikut ini.
  • Cara pertama menggunakan alat Intelegent Tester:
  1. Bawa mobil vios limo anda ke bengkel resmi Toyota/Nasmoco untuk di scan mesinnya dengan alat Intelegent Tester, penyebab kerusakan akan dengan mudah diketahui, komponen yang rusak langsung ditemukan.
  2. Ganti komponen yang rusak, Reset ECU/ECM, selesai. Tinggal bayar jumlah biaya jasa dan sparepartnya.
  • Cara yang kedua dengan menggunakan kabel jumper / kawat (cara manual):
  1. Cek kode kerusakan dengan cara menjamper kabel di terminal DLC3, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.
  2. Setelah di jamper, putar kunci kontak pada posisi "ON", dan lihat lampu Check engine akan berkedip-kedip.
  3. Kode kedipan lampu akan diulang-ulang terus, jadi perhatikan betul-betul berapa kodenya.
Blue semarBluesemar.com

Untuk kasus dengan gejala seperti diatas biasanya kode yang muncul adalah:
  • Kode: 2-1 disebabkan oleh Oksigen Sensor yang pertama rusak, letaknya setelah exhaust manifold sebelum catalitic converter (kenalpot bagian depan)
  • Kode: 2-7 disebabkan oleh Oksigen sensor yang kedua rusak, letaknya setelah catalitic converter (kenalpot bagian tengah)
Cara mudah memastikan Oksigen Sensor itu rusak atau tidak tanpa menggunakan alat:

Cara ini sangat ampuh jika dilakukan pada saat penyakitnya kambuh (misalnya mesin mati-mati, digas mbrebet tidak mau lari, di gas ngempos)
  1. lepas socket Oksigen sensor pertama, kemudian amati kondisi mesin, coba dengan di gas-gas atau test jalan.
  2. Jika kondisi mesin jadi normal, RPM idle/stasioner menjadi normal, akselerasi normal, mbrebetnya jadi hilang, maka dapat dipastikan Oksigen sensor yang PERTAMA rusak.
  3. Tetapi jika tidak ada perubahan, coba lepas socket Oksigen Sensor yang kedua kemudian amati kondisi mesin seperti cara yang pertama.
  4. Jika kondisi mesin jadi normal, RPM idle/stasioner menjadi normal, akselerasi normal, mbrebetnya jadi hilang, maka dapat dipastikan Oksigen sensor yang KEDUA rusak.
  5. Jika sudah dipastikan Oksigen sensor mana yang rusak, dan anda belum ada dana untuk menggantinya maka biarkan saja socket Oksigen sensor yang rusak tersebut, jadi tidak usah dipasang, sedangkan untuk Oksigen sensor yang normal pasang kembali socketnya.
  6. Jika sudah ada penggantinya, Ganti Oksigen sensor yang rusak, dan reset ECU/ECM dengan cara melepas terminal negatif Accu, atau cabut sikring EFI beberapa detik kemudian pasang sikringnya kembali.
  7. Yang normal Setelah di reset, Lampu Check Engine tidak menyala lagi.
O2 Sensor Vios limoBlue Semar Blogspot.com


Sebagai catatan:
  • Jika socket Oksigen dilepas (tidak dipasang), mesin akan tatap hidup normal, lampu Check Engine akan tetap menyala dan bensin akan sedikit lebih boros, karena Oksigen Sensor adalah salah satu komponen yang berpengaruh terhadap jumlah bensin yang masuk ke ruang mesin secara otomatis dikontrol oleh ECU/ECM.
  • Harga Oksigen sensor lumayan mahal, jadi kalau mau di ganti pastikan betul-betul kondisinya memang sudah rusak.
  • Oksigen sensor kalau sudah rusak tidak bisa diperbaiki lagi, jadi harus di ganti.
  • Oksigen sensor yang pertama bisa di pakai untuk oksigen sensor yang kedua dan sebaliknya, tinggal tukar socketnya saja dan sesuaikan kabelnya karena panjang kabelnya berbeda.
Demikian tips mengatasi masalah Oksigen sensor pada Vios Limo, semoga bermanfaat. Jika mau di Share silahkan. 

Terimakasih sudah berkunjung 

Syamsul Blue Semar


\*Oksigen Sensor Vios Limo, Masalah pada mesin Vios Limo, cara mengatasi masalah mesin mati-mati pada vios limo*\

Komentar

  1. om mau tanya punya saya vios limo th 2005 yg mau saya tanyakan pada saat mesin panas rpm ngayun udah dicek sensor2 nya ampe ganti ecu ama throthel body masih sama aja wktu mesin panas rpm tetep ngayun mohon solusinya om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa ke auto2000 om
      nanti solusinya bagaimana bagikan disini supaya saling bermanfaat .

      Hapus
  2. Om mau tanya. Saat vios thn2005 di gas rpm tinggi ngepos cenderung mai. Tp di start lg hidup. Buat jalan dia tas 60/jam mbrebet yg akhir nya mai mesin.. lampu indikator chek mesin yala kuning. Knp ya. Bengkel angkat tangan.

    BalasHapus
  3. Om mau tanya ini punya saya vios limo th 2008 udah saya pasang full audio costum.. Gendala nya kemaren pas saya bawa ke probolinggo setiap 1km brebet gak mau d gas kadang sampai mati sendiri.. Setelah d matiin d hidupin lagi baru normal.. Dan itu juga sudah saya coba lepas soket oksigen sensornya tapi masih tetap.. Apa kendala seperti itu bisa juga dr alternator/dinamo ampere ya. Soale alternator saya mendecit.. Dan lampu headlamp nya kalau di nyalain itu jauh dekat ikut nyala semua..walau di posisi dekat

    BalasHapus
  4. Om mau nanya sya punya limo thn 2012 kalau injak koplon mesin mati sendiri itu penyakitnya apanya yah makasih

    BalasHapus
  5. Bos mau tanya soket sensor oksigen dah di coba keduanya tapi tetap saja ngepos saat digas ketika mesin panas apa ya mas alahnya ?trimakadih mohon info

    BalasHapus
  6. Mau tanya.saya punya vios 2008.klo sudah panas mesinnya langsung mati.gak mau hidup lagi.harus nunggu dingin.kira kira apanya ya?

    BalasHapus
  7. Apakah kerusakan pada. Oksigen sensor pasti dibarengi dg lampu check engine menyala?
    Soalnya All New Limo ada masalah kalo panas kadang nyendat tp lampu engine tidak menyala
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Lokasi jakarta timur

    https://g.co/kgs/p7PXPB

    BalasHapus
  9. Maaf bos mau tanya kalo Yaris tahun 2015 digas juga ngempos apa itu juga yg ya bos

    BalasHapus
  10. Bos mobil vios limo Sy 2004,klo pertama kali di starter Selalu gasnya tinggi dan setelah itu berangsur2 turun normal,dan klo dibuat jalan gasnya agak mbandang kayak mobil matic,itu kerusakannya dimananya ya Bos? Trims.

    BalasHapus
  11. Om, sayA punya Vios gen 1 2005, jika mesin dihidupkan pagi, kondisi mesin dingin, jika pedal gas diinjak malah.mau mati mesinnya

    BalasHapus
  12. Om sy vios 2008 penyakitnya ? Mesin bunyi sebentar terus mati lagi

    BalasHapus
  13. Tp kalo yg saya udh di ganti sensor dua duanya masih ngempos di gasnya apa yh om mohon info nya yg saya Vios limo gen 2

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cari Vios Limo Bergaransi Mesin Hanya di Blue Bird

3 Langkah Mudah Mengatasi RPM Naik Turun atau RPM Tinggi Pada Avanza